Rekonsiliasi dan Penyampaian Laporan

Laporan Keuangan dan Rekonsiliasi. Setiap bulan Satuan Kerja wajib melakukannya. Berikut adalah prosedur dan dokumen yang harus dilampirkan pada waktu rekonsiliasi dan penyampaian laporan keuangan :

A. Prosedur Penyampaian Laporan Keuangan
(Perdirjen PBN Nomor : PER-19/PB/2008)

* Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Anggaran (UAKPA) wajib menyampaikan Laporan Keuangan setiap bulan ke KPPN berupa LRA, Neraca, ADK.

* Laporan Keuangan yang disampaikan harus dilampiri bukti Register Pengiriman Laporan Keuangan ke Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Wilayah (UAPPA-W) atau Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Eselon I (UAPPA-Es1) bulan sebelumnya.

* Penyampaian Laporan Keuangan UAKPA ke KPPN selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kerja setelah bulan bersangkutan berakhir.

B. Sanksi

* Dalam hal KPA belum menyampaikan Laporan Keuangan sampai dengan batas waktu 7 (tujuh) hari kerja, KPPN akan menerbitkan Surat Peringatan Penyampaian Laporan Keuangan (SP2LK).
* Jika sampai dengan 5 (lima) hari kerja sejak diterbitkan SP2LK, KPA tidak menyampaikan Laporan Keuangan bulanan maka KPPN mengenakan sanksi berupa penundaan penerbitan SP2D atas SPM UP/TUP/GUP dan LS Bendahara yang diajukan dengan menerbitkan Surat Pemberitahuan Pengenaan Sanksi (SP2S).

C. Dokumen yang Dipersyaratkan pada Waktu Penyampaian Laporan Keuangan dan Rekonsiliasi

* Arsip Data Komputer (ADK)

* Neraca

* Laporan Realisasi Anggaran :
-----> 1. Realisasi Pendapatan
-----> 2. Realisasi Pengembalian Pendapatan
-----> 3. Realisasi Belanja
-----> 4. Realisasi Pengembalian Belanja
-----> 5. Realisasi Pembiayaan

* Register pengiriman Laporan Keuangan ke UAPPA-W atau UAPPA-Es1 bulan sebelumnya

* Khusus untuk setiap akhir semester
dilampiri Daftar Rekening Bendahara Pengeluaran/Penerimaan/Lainnya Satuan Kerja dan rekening Koran (Peraturan Menteri Keuangan Nomor 57/PMK.05/2007 Tentang Pengelolaan Rekening Milikkementerian Negara/Lembaga/ Kantor/Satuan Kerja)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar