Lubuklinggau

Dalam perjalanan pulang dari kota Bengkulu, kami melewati kota Lubuklinggau. Karena waktu yang tidak memungkinkan dan kami hanya lewat jadi hanya satu tempat saja. Atas informasi dari driver kami, kami menuju Watervang. Kami pun bepikir. Tempat seperti apa sebenarnya Watervang itu? Dicarinya tempat yang bernama Watervang itu. Setelah sampai, kami pun terkejut.

Ternyata Watervang itu adalah sebuah dam/bendungan. Tapi lumayan juga tempat ini. Sudah ramai pengunjung di sana. Karena hari sudah sore, kami cuma sebentar di sana.

Tempat ini sebenarnya menarik, tapi ada satu hal yang perlu diperbaiki. Jembatan gantung untuk penyeberangan. Jembatan itu agak mengkhawatirkan. Di kanan kirinya, kayu untuk pegangannya sudah ada yang rusak. Galeri foto dapat dilihat di sini.


Selengkapnya...

C u r u p

Dalam perjalanan menuju Bengkulu, kami singgah di Curup. Curup adalah salah satu kota yang ada di Propinsi Bengkulu. Kami mengunjungi dua objek wisata yang ada di sana yaitu Danau Mas Harun Bastari dan pemandian air panas Suban.

Kami hanya sebentar di sana karena harus melanjutkan perjalanan ke kota Bengkulu.
1. Danau Mas Harun Bastari
Di danau ini kita dapat menikmati keindahan alam. Suhu udara di sini lumayan dingin, mungkin karena terletak di daerah dataran tinggi. Di sini kita dapat mengelilingi danau dengan menggunakan perahu. Galeri foto dapat dilihat di sini.

2. Pemandian Air Panas Suban
Tidak banyak yang dapat kami lihat di sini. Namanya juga tempat pemandian. Tapi ini menurutku, tempat ini kurang terawat selain itu juga banyak aanjing liar yang berkeliaran di dalam objek wisata ini. Ini yang membuat kami kurang nyaman, terutama saya.

Selengkapnya...

Bengkulu

Bagi seseorang, jalan-jalan ke tempat-tempat wisata tentunya sangat menyenangkan. Begitu juga bagiku yang jalan-jalan ke beberapa tempat wisata yang ada di Bengkulu. Beberapa tempat wisata yang saya kunjungi bersama teman-teman diantaranya :
1. Persada Bung Karno
2. Benteng Marlborough
3. Pantai Panjang
4. Danau Dendam Tak Sudah

Selama dua hari di Bengkulu, tanggal 27-28 Desember 2008, tempat wisata yang dikunjungi tidak terlalu banyak karena waktu yang tidak memungkinkan untuk berlama-lama berlibur (harus kerja). Tetapi meskipun cuma sebentar di Bengkulu, suasana hati sudah cukup puas (meskipun belum semua objek wisata yang ada di Bengkulu dikunjungi). Mungkin Bengkulu akan menjadi salah satu tempat berwisata bagi kita semua.

1. Persada Bung Karno
Persada Bung Karno sebenarnya adalah rumah Bung Karno sewaktu beliau diasingkan di Bengkulu. Selain rumah Bung Karno ada juga rumah Fatmawati Soekarno tapi tidak sempat kami kunjungi. Berwisata di Persada Bung Karno sebenarnya kita berwisata sejarah. Di sana kita melihat seperti apa rumah bung Karno ketika beliau diasingkan di Bengkulu. Di dalam rumah kita dapat melihat koleksi-koleksi buku Bung Karno, sepeda, gambar Bung Karno, kamar tidur bung karno, pakaiannya, ruang tamu, meja makan. Pada waktu kami berkunjung disana, kebetulan sedang diadakan syuting video klip lagu daerah yang dilakukan oleh TVRI. Pengunjung pada waktu itu tidak terlalu ramai jadi kami bisa menikmati objek-objek yang kita lihat di Persada Soekarno. Galeri foto waktu di Persada Soekarno dapat dilihat di sini.

2. Benteng Marlborough
Benteng ini letaknya dekat dengan pantai. Benteng ini besar. Ini merupakan benteng peninggalan Inggris. Di sini bisa kita lihat meriam-meriam dan pelurunya, sel tahanan dan sebagainya. Kami tidak terlalu lama melihat-lihat di benteng ini jadi mungkin ada objek-objek menarik di benteng ini yang tidak kami lihat. Kita bisa melihat pantai dari atas benteng. Galeri foto di benteng Marlborough dapat dilihat di sini.

3. Pantai Panjang
Pantai, dimana-mana kalau ke pantai pasti yang dilihat kebanyakan adalah air dan pasir. Menurutku pantai ini kurang terjaga kebersihannya. Ini terlihat dari banyaknya serpihan sampah. Di sini kita bisa melakukan kegiatan foto-foto, sepakbola pantai, melihat sunset, makan n minum. Tapi waktu kita akan melihat sunset suasana agak mendung jadi tidak terlihat dengan jelas matahari yang turun ke peraduannya. Pantai ini juga dekat dengan pusat perbelanjaan (mall) yang ada di Bengkulu (Bengkulu Indah Mall). Galeri foto di Pantai Panjang dapat dilihat di sini.

4. Danau Dendam Tak Sudah
Waktu kita ke tempat ini, cuaca tidak medukung. Hari hujan. Jadi kita Cuma sebentar saja berada di tempat ini. Hanya untuk makan saja di pinggiran danau sambil berteduh di warung yang ada. Danau ini kelihatannya dalam. Airnya tenang, tidak mengalir. Galeri foto di danau ini dapat dilihat di sini.

5. Masjid Akbar At Taqwa Bengkulu
Di sinilah kami tempat kami melakukan shalat dan beistirahat sejenak. Di beberapa bagian dinding masjid ini terdapat retak-retak yang diakibatkan oleh gempa yang pernah terjadi di bengkulu. Galeri Foto dapat dilihat di sini.

Selengkapnya...

Informasi Sepakbola

Mau dapat Informasi Sepakbola lengkap. kamu-kamu bisa dapatkan di bawah ini :


  • 1. PSSI

  • 2. Sepakbola 1

  • 3. Sepakbola 2

  • 4. Kabar Bola


    Selengkapnya...

  • S M S 3 (Ga bosen Apa Ya?)

    T : Kok S M S lagi seh?
    J : Ga apa2 dunk.
    T : Mang dr sapa seh SMSnya?
    J : Mo tau aja.
    T : Awas ya. Ntar kucari tau.
    J : .....


    SMS-SMS ini kudapat dari seseorang :


    Hdp itu cm bntar,
    Bntar Kaya
    Bntar Miskin
    Bntar Senang
    Bntar Sedih
    Bntar Ktawa
    Bntar M’ngis
    Bntar Mrh
    Bntar Baikan
    Ehh…Bntar lg BUKA.
    Met buka yapz…


    I Miss


    Miss

    Miss


    M I S S …


    M
    i
    s
    s


    misi ya syg. . .
    Numpang buang plza.



    Tis.. tis.. tis.. nie sms dr selebritis, mumpung lg gratis.?
    Lumayan buat peglris..
    Kpn lg cb dpt sms dr orang manis, nie artis bkn sok narsis,
    Tp kern abis.He…He…..


    MEngEnalmu a/ kEsyUkuran,
    B’ukhuwah dENgANmu a/ kArunia yANg tak tERgAntikan,
    Rabithahmu mENjAdI kEKuAtan,
    mEnyAkitimu a/ kEkhilafan.
    Metz MeNjalankaAn puasa syg


    {^_^} smiley!!!!
    Senyum termanis ini buat (.....),



    Walpun Tuyul jD gonDRong,,

    sUnDeL GK Lg boLonK,,

    gi2 p0c0nG mKiN KiNcLonG,,

    gEndERuw0 dAH jD bENconG,,

    tp nGuCpiN met SAHUR bLEh du0nk…….!!!!!


    Psn dr Presiden. $ahur puasa hindari menu: 1.Sup Kalla 2.Mie Gawati 3.Jagung Laksono 4.Bakar Tanjung 5.Ubi Ranto 6.Jus Dur Sbaikxmnm yg sGar2 yakni Es Beye Pesan utk semua warga Nahdliyin. Saat sahur agar menghindari 8 menu sbb: 1.Sup Kalla 2.Mie Gawati 3.Jagung Laksono 4.Pil KB Cap Imin Masykur 5.Ubi Ranto 6.Es Beye 7.Samin Rice 8.Soto Yoso Sebaiknya minumyg ga gitu repot, yaitu:Juzz Dur! “Bersahurlah Qm, maka sesungguhnya dlm brsahur itu mmbwa kebaikan

    M3t $@HUR. Smga pa yg qt mkan bs dbr Keberkahan 0/ Allah SWT. Shngga qt dpt mnjlankan ibadah puasa dgn baik dan mendptkan PAHALA serta RAHMAT dr Allah.
    Amien……….

    “Tes perasaaN”
    1. TlpN KLO “CINTA”
    2. SmS KLO “cHyaNK”
    3. Misc0LeE KLO “ sahbat”
    4. CM KO “RaGu”
    5. AbaiKN KLO “BenCi”
    Waktu “5 mEniT” uNTUK MEmilih……!

    pErMisi…!!!
    NuMpaNg t4Ny4,,,
    jL ‘saYaNg’ keLuRaHaN ‘R!NdU’ kEcAmataN ‘kaNgEN’ kAbUpateN ‘hAt!’ KotA I M!sS YoU’ pRoV!Ns! ‘I LOVE YOU’ !tU dmN YaCh,,???



    Selengkapnya...

    Apa ya?

    Yang mau liat-liat silakan klik aja



    di sini, di sana, di situ, di mari, ng kana. Heheheheheeeee. jangan marah ya......... cuma bagi yang mau liat aja.


    Kok cuma sebentar liatnya. Marah ya. Maaf ya.........



    Selengkapnya...

    S M S 2 (lagi-lagi...)

    Masih ketemu lagi dan lagi lagi masih soal SMS. Kenapa ya? Lagi demam SMS kali. Ngomong-ngomong SMS, ada lagi neh yang mungkin bisa jadi inspirasi buat kamu-kamu. Ini SMS juga dapat dari kawan-kawan yang iseng. namanya juga iseng, jangan marah ya. Selamat membaca n tertawa (kalo lucu).


    Hidup ini d hiasi dg:

    HALANGAN
    RINTANGAN
    COBAAN
    Dan
    TANTANGAN

    Oleh krna itu,,

    Jika qt gagal

    Kemudian

    JATUH

    Maka,,
    Teriaklah..

    Oooy
    Sp se yg
    “DORONG-DORONG”!!
    Gw jatuh TAU!!!



    Yg namanya CWO KEREN itu:

    Gak Harus puNya paCar baNyak....

    Gak HaRus dikenaL dimaNa2...

    Gak Haruus ditLp2 & diSms2 terus.....

    Tapi CWO KEREN nTu....

    Yg sUKa BuaNg2 puLsa Kyk aq.....
    He...5x



    “My heaRt 4 lOve”
    Met hRi p’shbtaN sdunia. Krim nE k tmEn2 yg km syaNgi.
    Jka aQ sLah stu’y,krm blk y!
    Liat brpa bNyk km dpt bLzn. Klo >7 b’arti “U’re loveable”



    ReSaPi sBuAh PrKnALaN kRn dSiTu ada KeNaNGaN
    NiKmATi sBuaH hUbUnGaN krn dSiTu ada KrinDuaN
    HaRGai sBuaH PrShBtAnkrn dSiTu ada PrSaUDaRaaN...
    Salam Shadux’s


    LAGU KEBANGSAAN LAKI2:
    Lihat Burungku Penuh Dengan Bulu...
    Bertelur Dua Sejak Dari Dulu...
    “Setiap ari KuBawa Slalu..
    “kekar & Kaku...
    Kadang2 Layu...?!
    Kirimkan sms ini ke-20, laki2/cewe yang nomornya ada di Hp anda, maka lihatlah burung anda akan bertambah besar & panjang, kuat & tahan lama?
    Jangan ragu2
    Ingat: kesempatan hanya datang 1x



    PeSan ORang jaman dulu :
    Jgn PERnah niKaH dgn oRg SeKamPung..

    Napa??




    Krn NÄ°KaH ma 1 oRg aJa RePot..! Apalagi SEKamPUng????
    Kbnykan kalee...hehehe



    Yang...



    ..Yang..


    Yang...!



    di goyang2 yang..
    dut dut dut..
    yok kita brdangdut..
    yang digoyang2 yang..
    dangdut3..
    “by Elvy Sukaesih”



    [,”]SsSt! [.”]

    [.”] aD aP?[“,]

    [,”]sNi deH [“,]

    [.’] [“,]aP ci?

    [“.[‘.’]
    ‘’ cM mU bLg,
    ‘’Met bObO smUA’’




    In d Late Of niTE

    KrEsEk”…

    GuBrax…

    Me0ww…..

    Oouuch….
    [o]…[o]----
    [ x_x#][“]----
    [,,]#####
    I jUst waNNa say gud niTE tO yOu…



    PohN pi5an6 poHn pArE-Biz 5ian6 trUz 50re,
    PhN pare_Phn paleM- Td 5orE 5Krn6 mLm,
    PHn pAlem phn DoNd0n6 Udh mlM tdUr doN6
    da KudA mKn E5kRm Y uDh HaVe A nice dReam


    Enter ur ro0m silently..
    And

    Ciatt!

    Bug!

    Pak!

    Pok!

    <] x x “[>
    [ # [oo]+]
    Slap all masquitos that bite u. ha8.

    Sleep well n0w.
    Nite!=>



    Selengkapnya...

    S M S

    SMS alias Short Messages services (bahasa kerennya) seringkali bisa membuat seseorang bahagia, sedih, marah, dan sebagainya. berikut ini adalah SMS-SMS yang aku dapat dari temen-temenku yang pastinya akan membuat suasana berbeda-beda setelah menerima SMS itu. Kalaupun sudah ada yang pernah mendapat SMS yang sama persis yang kuposting ini (sama dunk suasana hatinya.....hehehehehee) semoga menjadi teringat lagi atau tlah menjadikannya sebuah kenangan, q mohon maaf ya. Demi menjaga privasi pengirim, nama dan no HP tidak ditampilkan (heheheheheheheheheeeee.........ada juga lho SMS yang aku buat di sini). coba tebak yang mana :


    Diammu adalah gunung berapi.
    Suatu saat akan meledak.
    Buat sesuatu yg berbeda dr yg lain.
    Sesuatu yg indah nan elok.
    Yg aku pun tak tahu akan keindahan yg hadir


    Seslt apapun ssuatu, pst da jwbnya. Mskipun itu cnt. Krn sbnarnya cnt tu mmg slt tuk dungkapkan dgn kt2. Tp bs drskan khdirannya setiap saat tnpa diduga sblmnya

    Dlm kabut malam. Dtngah kesunyian malam. Ditemani angin malam. Diiringi nyanyian malam. Akhirnya q tertidur lelap


    Malam Kian Larut,
    Wkt'y Tarik Slimut,
    Cuci Kki Byr Ga Dgi"T Smut,
    Jgn Dgr Lgu Dgdut,
    Tkt Nti Mnggut2,,
    Salam Dr 0rg Imut,
    "Bsmika Allahmma Ahya Wa Bsmka Amuut"


    Aku bagai bulan purnama yg kesepian
    bagai pungguk rindukan bulan
    aku mengharapkan yg sebenarnya bukan milik diri ini
    hati ini terlalu sempit
    tak patut mencinta


    Klo Pcr Sl!Ngkuh Tu "Gampar",, Klo Lo Yg Sl!Ngkuh Tu "Sadar",, Klo D Ptuz'n Pcr Tu "Sabar",, Klo Pny Utang Tu "Bayar",, Btw Yg Lg Bc Zmz Ne "Apa Kabar??"


    Cnt dtg dr ht,cnt prg membks d ht,,sesungguh na cnt tu sci,tdk sedkt pn noda menempl d cnt,pi lw cnt yg d nodai,mk cnt tu ktr tux slm na,,



    Diamku bkn bisu,diamku bkn tak mmpu,nmun diamku adlh diam rndu,rndu yg bgitu dlm n tk dpt trucpkn kpd drimu,,



    Tw ga?
    kmu itu
    hal
    yg takkan mgkin kugapai
    km adlh mimpi alam maya yg menguasai emosiku
    yg hampir sj mencekalku dgn rs penasaran.
    Untuk dpt miliki
    Dirimu


    Ketika hati yg mulai bicara
    Seketika itu pula bibir terkatup tak bs b'kata
    Ungkapan kata2 tak kan sebanding dgn ungkapan hati



    Nmmu prnh kutlis diatas psir,nmn ombk mnghpsny,dn prnh juga ktulis dtngan,nmn air mnghpusny,kini nmmu kutlis dhati,dgn itu nmmu akn kkal abdi slmny dhtiku,,



    Jika aq jd air mata,aq ingin lhr dr mtamu,hdp dpi2mu dan mti dbi2rmu,tp jka qm jd air mtaku,aq tkkn mnangis,krn aq tak mau khlngan drimu..?_¤...



    Geram bgt pndam2 dlm hti sbnry aq mo blg

    aq


    Suka


    Rindu


    Sayang


    Cinta
    Banget
    Ma

    K

    Ka


    Kam



    Kampung
    Halamanku!
    Hehehehehehehehehehe
    :-) ;-) :) ;)

    I asked the God for a stone, The God gave me a diamond. I asked a tree, The God gave me a forest. I asked a wife .....
    And The God gave me your number";-)....



    Aku SIMPATI padamu.kau sprt MENTARI dan sebening XL.sikap mu yg FLEXI-bel pantas d acungi JEMPOL.oh FREN-ku keliling ESIA yuk...!


    Jujur dalam lubuk hati yang terdalam
    Sebenar2nya

    Aku


    Suka


    Sayang

    Rindu


    Cinta
    Banget
    Ama


    K

    Ka

    Kam

    Kamu
    ;-). . . :-). . . .



    Klo kamu baca sms ini!
    Kamu utang kiss pdku,
    klo kamu cuekin
    kamu sayang aku
    klo di bls
    kamu harus
    jadi pacarku
    klo kamu ketawa
    kamu jadi miliku...,;-)



    Ada 8 Alsn Org Miscall 1-Kangen 2-PDKT 3-Grogi 4-Ing Knlan 5-Ksih Tk Smpai 6-Cri Shbat 7-Kurang Krja@n 8-Cri Masalah.Mmm,kamu tipe no brapa?:-l...;-)....


    P'shbtan itu sprti tngn dan mata.Saat tngn t'luka,mata mnangis.Saat mata mnangis tngn m'hpsnya.



    sesungguhnya kau tau sesuatu yang menyakitkan....
    cinta itu,...
    bahkan kadang lebih dari itu.....
    hingga kakiku terasa tak berpijak.....
    saat ku tahu takkan kumiliki.......



    siang ini.....
    panas sungguh menusuk ke rusuk....
    mentari sungguh terik..
    seperti tak memberiku kesempatan menapaki cinta bersamamu...
    aku masih di antara lorong penantian...


    kebohongan itu membuat aku mebenci...
    cinta...
    apalah arti kata itu
    takingin kumengerti....
    ketika ia datang,
    aku hanya tergelitik
    kata itu asing ditelingaku....


    aku ingin menjadi utuh...
    menjadi wanita seutuhnya...
    hidup seutuhnya....
    manusia seutuhnya....
    aku juga ingin rasakan cinta...
    rasakan cinta seutuhnya...
    dan rasakan arti hidup seutuhnya.....


    tapi aku tak dapatkan apapun...
    harapan pun takkan pernah utuh...
    dia hanya menjadi bias yang mengabur dalam gelap mimpi...


    malam ini malam minggu....
    malam ara kaum pemimpi....
    yang impikan malam panjang
    yang diikrarkan sang terkasih....
    tuk temani malam bersama keakraban sahabat...
    malamku masih gelap....



    apa segelap malam tanpa bintang.....,
    malam pekatku yang menyudutkanku di lorong kelam penantian?...
    malam sepi yang selalu menakutkan....
    sesunyi itukah, malam?....


    mungkin
    karena malam tetaplah malam
    biarpun ramai tetap malam
    gelap
    From Me
    ya, segelap mendung...
    sedingin salju yang menusuk...
    tanpa matahari....
    lalu mengapa mataku terasa perih



    Your phone number has been checked by this number for some reason.
    Thanks for your attention


    Jalan ini sepi, seperti malam....
    Aku sendiri....
    Takut...


    Cinta....
    Aku tak mengerti...
    Begitu kuanggap dirimu cinta....
    Tanpa mempedulikan tanggapanmu....
    Apa artiku untukmu....
    Tak ingin kupeduli....
    Bagiku kau memberiku makna


    Cinta .....
    Bosan aku dengar kata itu...
    Lelah kudengar kata itu...
    Pusing ku pikirkannya...
    Datang dan pergi seenaknya saja...

    Apa yang harus kuucap
    Tuk jawab tanya hati
    Suara hati yang mempetanyakan dahaga itu
    Dahaga akan cinta
    Akupun jengah mendengar jerit hati kecilku


    Menjeritlah sesuka hatimu
    Luapkan semua emosimu
    Bakar kebencian dan kecintaanmu
    Menjadi satu
    Habisi, musnahkan jangan tersisa
    Tuk hidupkan lagi yang baru
    Yang abadi
    Seperti air, udara, tanah dan api
    Abadi


    Apakah aku bisa?
    Itu hal yang tak dapat kujawab,
    Meski telah ribuan kali kusangkal
    Buatku di duniaku tak ada yang seabadi rasa takut
    Dan sesungguhnya tak ada yang lain selain itu
    Selebihnya semu
    Gelap

    Kita adalah cerita
    Kita adalah mimpi
    Kita adalah ilusi
    Alam maya yang membaur dalam udara,
    Menyelinap dalam angan
    Harapan
    Yang takkan nyata
    Adakah arti kisah ini



    Selengkapnya...

    Formasi 3-3-4E


    Ini adalah formasi yang biasa aku pergunakan untuk bermain WE PS2. Formasi ini aku namakan Formasi 3-3-4E (3-3-4 Edan) karena mempergunakan 4 pemain depan langsung dan kunci penyerangan permainan ini ada di 2 pemain sayapnya. Untuk pertahanan dimulai dari depan. Jadi pemain depan langsung melakukan pertahanan. Perangkap Offside merupakan andalan pertahanan lini belakang. Gol-gol yang tercipta ketika menggunakan formasi ini kebanyakan melalui Heading dari umpan yang dilakukan pemain sayapdan umpan terobosan melalui tengah pertahanan lawan.

    Untuk status defense tiap pemain sebagai berikut :
    • No 1 sampai No 7 : High
    • No 8, 9, 11 : Normal
    • No 10 : Low
    Untuk Individual Attacknya seperti terlihat pada gambar. Offside trap on. Tapi formasi ini akan sangat sulit dimainkan jika team yang dipakai adalah team yang pemain tengahnya lamban dan sulit ketika lawan menggunakan formasi dengan pertahanan 4 pemain belakang dan 3 pemain tengah yang berdekatan. Pemain tengan No 6 kewalahan dalam menghadapi serangan.

    Formasi ini dalam melakukan serangan balik termasik cepat karena bola langsung mengalir ke depan melalui pemain sayap yang mendrible bola atau dengan satu-dua sentuhan tiap pemain.

    Bagi yang senang bermain WE mungkin bisa mencobanya dan bila ada kekurangannya bisa menambahkan. Selama ini saya memainkan formasi ini dengan team MU, Borosia Dortmund, Real Madrid, Arsenal. Yang kurang berhasil yaitu dengan menggunakan Real Madrid. Tapi memang formasi ini mungkin masih banyak kelemahan yang lain yang belum terungkap. bagi yang sudah mencoba mungkin bisa menambahkannya.

    Salam Shadux's. Shadux's mania.


    Selengkapnya...

    Formasi 3-4-3


    Formasi ini, menurutku, merupakan formasi yang kuat dan juga fleksibel. Tapi ini harus didukung oleh pemain yang berkarakter dan mempunyai visi dan misi yang jelas.

    1. 3 pemain belakang harus mempunyai karakter bertahan yang lebih daripada menyerangnya. Selain itu juga harus memiliki fisik yang kuat untuk mengantisipasi berbagai serangan yang datang bila para pemain tengah terlewati. Pemain Belakang merupakan awal dari penyerangan sehingga setelah memotong bola serangan lawan dia harus cerdas dalam memilih untuk mengoper bola ke pemain tengah mana untuk memulai penyerangan atau dia menggiring bola tetrlebih dahulu sampai daerah lawan baru mengoper bola. Pada pos ini pemain belakang yang tengah berperan penting, dia harus selalu berkomunikasi dengan pemain belakang lainnya dalam segal hal (pengaturan jebakan offside misalnya) dan juga dengan penjaga gawang sebagai pemain terakhir dalam pertahanan menjaga gawang dari kebobolan. Teori memang mudah ditulis atau diucapkan tapi dalam prakteknya sulit diterapkan. Ini karena tergantung dari pemain itu sendiri. Bila pemain itu sudah bisa mengatur emosi dan tidak terpancing oleh provokasi lawan maka strategi yang diramu oleh pelatih akan berhasil.
    2. 4 pemain tengah sebagai perantara pemain belakang dan pemain depan berperan dalam "mengolah" bola untuk suplay ke pemain depan dalam mencetak gol. Jika dilihat pada gambar, Pemain No 7 merupakan pemain tengah bertahan harus kuat fisiknya karena dia bertugas untuk memotong bola serangan lawan yang datang dan dia bergerak terus depan dan belakang untuk mencari bola. Dia harus tipe pemain yang bekerja keras, pantang menyerah, punya motivasi tinggi untuk memenangkan pertandingan meskipun dalam keadaan tertinggal 1.2 atau lebih gol. Pemain No 10 sebagai pemain tengah yang menyerang selain momotong bola serangan lawan dia juga berkreasi untuk membongkar pertahanan lawan dengan dibantu pemain lainnya. Paling tidak dia seorang yang skillfull dan berwawasan luas. Dua pemain tengah samping kanan kiri bertugas membongkar pertahanan lawan dari samping dan memberikan umpan-umpan yang terukur kepada pemain depan untuk dapat mencetak gol. Biasanya pemain yang beroperasi di samping mempunyai kecepatan yang lebih dalam mengolah bola sambil berlari.
    3. 3 pemain depan yang bertugas utama mencetak gol harus mempunyai gaya kreasi serangan yang tinggi dan mampu membuat pertahanan lawan "kocar-kacir" sehingga memudahkan pemain lain dalam mencetak gol. Dia harus mempunyai naluri mencetak gol yang tinggi dan biasanya naluri untuk bertahannya rendah.
    Meskipun begitu, sepakbola merupakan kerjasama team. Jadi, jika ada salah satu pemain yang tidak bisa bekerjasama dengan baik maka strategi yang diterapkan pelatih dalam permainan tidak berhasil. Biasanya ketidakstabilan team dipengaruhi pemain dalam pertandingan itu. Bisa jadi karena sudah kebobolan dulu sehingga tertinggal dan setiap pemain "bernafsu" untuk mencetak gol menyamakan kedudukan yang mengakibatkan kerja sama team berkurang. Atau sudah unggul terlebih dahulu sehingga muncul rasa percaya diri yang berlebihan (over PeDe) yang menyebabkan pemain asyik menyerang terus untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya sehingga melupakan pertahanan. Memang menang dengan gol sebanyak-banyaknya adalah kepuasan tersendiri bagi pemain dan pelatih apalagi kemenangan tersebut diperoleh dari kerjasama team yang baik.

    Ini merupakan pendapatku aja. Bila ada salah mohon dimaafkan dan bila ada kekurangan mohon bisa ditambahkan kekurangannya. Terima kasih sebelumnya atas komentarnya. Mungkin nanti akan berlanjut ke formasi 4-4-2. Ini berdasarkan pengalamanku bermain sepakbola sama teman-teman aja. Meskipun bukan pemain profesional tapi ku sangat suka sepakbola. Salam Shadux's. Shadux's Mania.


    Selengkapnya...